Windows 10 Lite - Windows 10 Ringan untuk Netbook / Laptop RAM Minim

Memiliki laptop atau netbook yang lumayan jadul mungkin terasa bosan. Apalagi kalau bicaranya soal gengsi. Saat jejer dengan laptop teman yang sudah ber-windows 10 rasanya laptop saya yang masih Win 7 jadi baper.

Mau install ulang dengan win 10 takut ga kuat karena RAM atau memory yang hanya 2 GB. Khawatirnya laptop jadi kerasa berat atau jangan-jangan malah nge-lag. Maklum Windows 10 kan disarankan untuk PC / Laptop / Netbook dengan RAM setidaknya 4 GB.

Untungnya saya ingat "jaman dahulu kala" saya pernah punya laptop pentium 3 yang saya installin win xp lite, dan lancar jaya. Jadi kali ini saya beranikan diri untuk install ulang laptop saya yang Windows 7  dengan RAM 2 GB menjadi Windows 10 Lite Edition.

Apa itu Windows 10 Lite Edition?


Windows 10 Lite Edition atau disingkat Win 10 LE, adalah system operasi Windows versi tidak resmi dari Windows 10 yang lahir dari rahim Microsoft, tapi dioprek sedemikian rupa (mengurangi beberapa fitur) sehingga dimungkinkan untuk di-install pada  komputer yang terbatas resource-nya.

Apa saja yang dihilangkan pada Win 10 LE?

Untuk pertanyaan ini jawabannya bisa search aja di mbah google seperti biasa. Dan saya yakin pembaca Modemmania juga sama-sama tidak membutuhkan fitur-fitur itu seperti anggapan pengopreknya. Jadi, monggo yang khawatir akan kehandalan win 10 LE cari-cari dulu info lengkapnya.

Dimana mendapatkan Win 10 LE?
Buat yang yakin dan ngebet pengen menjadikan Laptop "jadul"nya menjadi laptop ber-win 10, silahkan dapatkan file iso-nya disini. Anda tinggal pilih sesuai selera.
Karena disitu banyak bertebaran versi win 10 LE bahkan win 10 yang full dengan "jamu"nya.

Jika Anda tidak menemukan salah satunya, saya bisa share yang saya pake untuk keperluan saya.
Ini nih tempat ngambilnya: Silahkan.


Apakah ini sudah termasuk "jamu"?
Jawabannya : Ya. Jadi tinggal sruput aja.
Yang paling penting adalah.. Anda siap-siap mencari beberapa driver yang sesuai dengan peripheral laptop anda. Karena Ada kemungkinan laptop jadul drivernya masih harus dicari sendiri secara manual.
Tapi tenang, semua akan beres beres selama ada mbah google. hehe..

Selamat mencoba.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. DI install sukses.... tinggal aktivator nya yg blm ada........!

    BalasHapus